Laman

Minggu, 01 Februari 2015

Kerajinan Kaleengg CADAASS!!

Hollaaa agan/sist ^^ Ketemu lagi sama saya Rifa Hana Zaimah. Yeaay!! Lagi pada ngapain nih?? Diem?? Daripada cuma diem doang engga ada kegiatan, mendingan bikin kerajinan dari Bahan Keras Buatan yuukk!! Bahan Kertas Buatan itu apa sih? Jadi, Bahan Keras Buatan adalah kerajinan yang bahannya telah mengalami pengolahan kembali. Contoh kerajinan bahan keras buatan : Kaca, kaleng, logam, semen, kawat, timah, besi.
Tahap Membuat Kerajinan Bahan Keras
A.  Membuat rancangan
Rancangan adalah hal awal yang kita lakukan setelah mendapat ide untuk membuat suatu kerajinan dari bahan lunak, rancangan yang bagus biasanya akan menghasilkan yang bagus. Rancangan biasanya dibuat di suatu kertas lalu kita menggambarnya.
B.  Menyiapkan alat dan bahan
Setelah rancangan dibuat tahap selanjutnya adalah menyiapkan alat dan bahan. Alat dan bahan di utamakan memiliki kualitas yang bagus sehingga akan mendapat hasil yang baik.
C.  Membuat benda sesuai rancangan
Setelah semua siap kita mulai dengan proses pembuatan, buatlah sebuah bagian dasar terlebih dari suatu kerajinan sehingga akan mudah dibentuk dan mempercepat proses pembuatan.
D.  Tahap penyelesaian
Tahap akhir setelah kita membuat suatu kerajinan adalah salah satunya dengan merapikan atau memberi hiasan atau beberapa tambahan lain sehingga meningkatkan kualitas kerajinan tersebut.

Dari contoh bahan kerajinan diatas, kita bisa loh buat suatu karya. Contohnya karya dari bahan kaleng yang bisa dibuat menjadi wadah yang serbagunaa loohh!! Kalian mau tau cara bikinnya?? Cuss yuukk liat tutorial di bawah ini.. 


Bahan :·        Kaleng bekas (beberapa, jumlah genap, ukuran sama)
·        Papan kayu (tingginya kalo bisa lebih tinggi dari papan dan panjangnya disesuaikan sama banyaknya kaleng yang pengen kamu buat)
·        Paku dan palu atau bor
·        Sekrup
·        Obeng kembang
·        Cat dan alat ngecat
·        Kulit sintesis, kain atau apa aja yang bisa buat handlenya
 Cara buat:1.   Lepaskan label dan bersihkan kaleng bekas kita
2.   Cat kaleng bekas di bagian dalam dan luarnya dengan warna yang kita suka
3.   Cat papannya juga yaa biar keliatan menarik
4.   Lubangi kaleng dengan menggunakan paku dan palu. Pas melubanginya, harus ada sesuatu yang menahan (kaya kayu) supaya kalengnya engga penyok. Lanjutin dengan kaleng yang lain.
5.   Susun rencana kita dengan merangkai kaleng-kaleng dan papan, bagian yang dibungi menempel di papan yaah, tandai dengan pensil
6.   Lubangi papan yang tertanda dengan menggunakan palu dan paku atau bor dan sekrup
7.   Pasang sekrup untuk menyambungkankaleng dan papan, lanjutkan memasang sekrup pada kaleng-kaleng yang lain
8.   Pasang pegangannya dengan memakai paku
9.   Beri sedikit hiasan kalo kamu mau.
 Berikut cara bikin kerajian yang terbuat dari bahan keras buatan. Gampang kan?? Ayoo buat!! Semoga berhasil^^ Fighting yaa!! Sumber :ü http://www.bantubelajar.com/2014/12/kerajinan-bahan-keras-contoh-dan-tahap.html?m=1
ü IG : @DIY.ID

Tidak ada komentar:

Posting Komentar